Air Terjun Lawang Agung dan Keramahan Para Penambang Pasir

Keramaian pada tempat  wisata seperti air terjun adalah hal yang lumrah. Tapi, di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan terdapat satu air terjun yang  sangat alami. Ternyata belum menjadi pusat perhatian para wisatawan.

Air terjun Lawang Agung terletak di Desa Lawang Agung Lama, Kecamatan Muara Payang. Memiliki jarak sekitar 17 kilometer dari kota Pagaralam dan 36 kilometer dari ibukota kabupaten Lahat. Air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter yang mengalir menuju Sungai Linang ini sedikit berbeda dari kebanyakan air terjun yang ada.

Posisi air terjun yang berada tidak jauh dari pinggir jalan justru tidak menjadikannya ramai pengunjung. Mungkin ini disebabkan minimnya lahan parkir. Kondisi jalan yang cukup menantang jika anda hendak membawa kendaraan mendekati lokasi air terjun.

Air Terjun Lawang Agung

Selain itu lokasi ini juga di jadikan tempat penambangan pasir untuk bahan bangunan oleh warga setempat. Ketika penulis mengunjungi air terjun ini, tidak di temui adanya retribusi ataupun biaya parkir dan keamanan kendaraan. Hanya ada beberapa penambang pasir ramah yang sedang beraktivitas.

Dikatakan ramah karena setelah penulis memutuskan untuk menceburkan diri ke dalam sejuknya air yang mengalir di sekitar air terjun. Mereka dengan senyum khas dan sapaan akrab mengajak penulis dan teman – teman untuk menikmati secangkir kopi hasil kebun mereka. Dengan seduhan air dari ketel yang dipanaskan di atas kayu bakar di pinggir sungai.

Menikmati Kopi Lahat bersama Penambang Pasir

Nikmatnya kopi di balut obrolan ringan dengan latar suara merdu dari air terjun benar – benar menjadi sebuah pengalaman yang sulit untuk di lupakan. Tertarik untuk berkunjung? penulis ingatkan agar selalu menjaga kebersihan daerah sekitar air terjun. Persiapan senyum dan sapaan paling ramah anda. Dan sebagai tips, jangan berenang dekat lokasi jatuhnya air, berbahaya.

Arief Fatahillah

a humble teacher, an enthusiat biker, an open road lover... and much more to learn writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *