Gollaborasi 2024: JNE dan Shopee Dorong Kreativitas UMKM Jakarta melalui Pelatihan
TERJADI.id – Jakarta | Dalam upaya mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia, JNE berkolaborasi dengan Shopee untuk menggelar acara “Gollaborasi” bertemakan “UMKM Creative Movement.” Acara ini berlangsung di Aroem, Jakarta, dan diikuti oleh 100 UMKM asal Jakarta. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk meningkatkan kreativitas pelaku UMKM di tengah persaingan yang semakin ketat di era digital.
Program “Gollaborasi” yang digagas oleh JNE sejak tahun 2017 ini telah konsisten memberikan dampak positif bagi pemberdayaan UMKM di seluruh Indonesia. Melalui berbagai program edukasi yang menyeluruh, acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM mengenai strategi penjualan di era digital, yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pangsa pasar mereka.
Sebagai perusahaan logistik nasional yang telah beroperasi selama lebih dari 33 tahun, JNE terus berupaya mendukung kolaborasi positif dengan berbagai mitra, khususnya dalam membantu perkembangan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Di era digital yang serba cepat, pelaku usaha dituntut untuk jeli dalam melihat peluang dan tantangan. Persaingan yang ketat membuat setiap pelaku bisnis harus memiliki strategi yang tepat untuk tetap relevan dan unggul.
Eri Palgunadi, SVP – Marketing Group Head JNE, menjelaskan bahwa kolaborasi dengan Shopee dalam event “Gollaborasi” kali ini memberikan peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. “Kolaborasi antara JNE dan Shopee memungkinkan UMKM untuk meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif,” ujar Eri.
JNE, sebagai mitra logistik yang telah bekerja sama dengan Shopee sejak tahun 2016, melihat adanya kontribusi positif dari kerja sama ini bagi perkembangan UMKM. Permintaan layanan logistik terus meningkat seiring dengan pertumbuhan UMKM yang menggunakan Shopee sebagai platform e-commerce. JNE optimis untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan dan berkomitmen untuk mendukung kemajuan UMKM di Indonesia.
Daniel Minardi, Director of Business Partnership Shopee Indonesia, mengapresiasi kolaborasi ini dan menegaskan komitmen Shopee dalam mendukung pertumbuhan UMKM melalui digitalisasi. “Kerja sama Shopee dengan JNE yang sudah berlangsung selama 8 tahun ini membangun ekosistem belanja yang kuat dan mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Kami berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik yang juga didukung oleh layanan logistik andal dari JNE,” jelas Daniel.
Acara ini juga dihadiri oleh Kho Jonathan, yang dikenal sebagai Om Botak, Seller Mentor Shopee. Ia berbagi tips dan trik bagi para UMKM untuk naik kelas di Shopee, termasuk pentingnya memahami karakteristik pelanggan sebagai kunci sukses dalam meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Setelah sukses diadakan di Jakarta, acara Gollaborasi 2024 ini juga akan diselenggarakan di Kota Bandung untuk terus mendorong kreativitas dan daya saing UMKM di era digital. (DJ / rils)