Mengapa Berkomunitas?

Di tengah pesatnya kepemilikan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, ada satu fenomena yang semakin nampak di kalangan pemilik kendaraan bermotor tersebut, yaitu Komunitas atau club kendaraan bermotor.

Ketika anda melintas di jalan raya, tidak jarang anda akan melihat penampakan simbol  atau nama sebuah komunitas kendaraan terpajang, baik dalam bentuk stiker di kaca belakang sebuah mobil atau pada bagian belakang jaket pengendara motor.

Lalu, seberapa pentingnya berkomunitas ? Apa keuntungan yang saya dapatkan dari berkomunitas, dan Apa yang saya harus korbankan, jika saya memutuskan bergabung ke dalam sebuah komunitas?

Sebagai penggiat komunitas baik roda dua maupun roda empat, penulis akan membahas sedikit tentang komunitas. Tentunya penilaian dan pilhan akan kembali kepada pembaca masing – masing.

Salah Satu Komunitas Sepeda Motor Di Indonesia

                                      

Keuntungan Berkomunitas

  1. Menambah Teman dan Jaringan

Pernah dengar istilah seribu teman masih belum cukup, satu musuh sudah lebih dari cukup. Yups, salah satu pondasi dasar sebuah komunitas kendaraan bermotor adalah pertemanan bahkan rasa persaudaraan antara sesama membernya.

Bukan hanya mendapat teman baru dari komunitas sendiri saja melainkan juga jaringan sosial dari komunitas yang sama yang berasal dari kota yang berbeda atau komunitas motor yang lainnya.

Nah, pergaulan dan jaringan yang luas tadi akan memberi keuntungan bukan hanya untuk kepentingan komunitas, melainkan juga untuk kepentingan diri sendiri yang akan berguna untuk kedepannya. Saling membantu baik dalam bisnis, karir maupun kekeluargaan.

Manusia sebagai makhluk sosial  akan selalu membutuhkan orang lain, dan disini komunitas memberi peran penting.

 

  1. Kemudahan dalam Merawat dan Memperbaiki Kendaraan Anda

Manfaat lainnya, dapat menambah wawasan tentang kendaraan anda. Anda dapat langsung belajar dari anggota lain dengan saling berbagi ilmu dan tips dalam merawat kendaraan, terutama bila kendaraan yang anda miliki termasuk dalam kendaraan yang sulit perawatan atau sudah langka suku cadang di pasaran seperti motor atau mobil klasik.

Tidak jarang  dalam komunitas tersebut terdapat beberapa anngota yang ahli dalam merawat dan memperbaiki kendaraan. Bahkan para penjual suku cadang dan perlengkapan kendaraan saat ini sudah bergabung dalam beberapa komunitas dengan memberikan diskon khusus bagi teman sesama anggota. Ini merupakan tawaran yang sangat menarik.

 

  1. Ikut Serta dalam Berbagai Kegiatan Positif

Saat ini banyak komunitas  yang sudah semakin peduli dengan lingkungan sekitar dan membuat kegiatan postif yang bertema kemanusiaan. Seperti bakti sosial, berbagi dengan anak jalanan atau mereka yang kurang mampu, membagi takjil pada bulan puasa dan kegiatan positif lainnya.

Dengan bergabung dalam  komunitas  secara otomatis  anda akan terlibat dengan kegiatan-kegiatan positif tadi baik. Kita semua butuh tindakan – tindakan baik yang akan membawa kebaikan bagi hidup kita sendiri. Jika kemampuan diri di rasa masih belum pantas untuk membantu, maka dengan berkomunitas, sedikit dari masing – masing anggota akan menjadi banyak bagi mereka yang membutuhkan.

Ilustrasi Kegiatan Bakti Sosial Komunitas

 

Ilustrasi Kegiatan Bakti Sosial Komunitas

 

  1. Menyalurkan Hobi

Hobi yang penulis maksud biasanya berhubungan dengan aktivitas yang melibatkan kendaraan atau berkendara, seperti Touring, Fun Rally atau Car / Bike Contest dan lain lain.

Eiits… Tunggu dulu. Tidak selamanya hanya hobi-hobi tersebut yang bisa di salurkan oleh komunitas kendaraan bermotor.

Anda yang memiliki hobi lain seperti fotografi dapat menyalurkannya dengan bantuan komunitas anda. Minimal anda akan memiliki objek fotografi yang berada di luar lingkungan anda. Jadi, ketika dilaksanakan event ataupun touring bisa mengkombinasikan dua hal berikut. Bagi yang memiliki hobi memasak pun bisa menggunakan teman teman anggota komunitas anda sebagai juri hasil masakan anda.

Dan banyak lagi hobi yang lain yang dapat di bantu untuk di salurkan dengan adanya komunitas, tergantung seberapa kreatif dan cakapnya anda dalam beradaptasi.

Setelah membaca sebagian keuntungan dari berkomunitas tadi, tentu nya sebagian pembaca bertanya-tanya. Lalu apa syarat, kerugian atau pengorbanan yang harus saya keluarkan ketika saya bergabung dalam sebuah komunitas ?

Ilustrasi

Well guys.. no pain, no gain.. Kecuali apa-apa yang datangnya dari Tuhan Yang Maha Pemurah, hampir segala sesuatu yang mendatangkan manfaat harus kita bayar dengan harga tertentu.

Dan untuk menjadi anggota komunitas yang baik, berikut beberapa hal yang harus di perhatikan.

Ilustrasi
  1. Peduli

Buka tangan, hati, dan pikiran untuk menerima teman, saudara dan keluarga baru anda di sebuah komunitas. Modal utama sebuah hubungan yang baik, apapun bentuknya adalah kepedulian yang tulus.

Ilustrasi

Anda di tuntut untuk saling membantu bila anda anggota yang mengalami kesulitan. Baik itu masalah kendaraan di jalan ataupun masalah-masalah lain yang mereka bagi dalam forum komunitas, dan mereka pun nantinya akan melakukan hal yang sama untuk anda

  1. Waktu

Usahakan meyediakan waktu anda untuk bertemu mereka dalam kopi darat (kopdar) sesempat yang anda bisa, biasanya para anggota komunitas akan melaksanakan event mingguan atau bulanan seperti kopdar tadi pada akhir pekan atau hari libur. Dan salah satu konsekuensi anda sebagai anggota sebuah komunitas adalah kehadiran anda pada event-event yang di adakan komunitas.

  1. Komitmen

Ketika anda memutuskan untuk bergabung dalam sebuah komunitas, pada umumnya mereka akan menerapkan beberapa aturan dasar yang menjadi cirri khas bahkan keunggulan komunitas tersebut. Pelajari dan patuhi dengan baik bila anda memutuskan untuk bergabung. Jangan memilih milah mana yang hanya menguntungkan anda mana yang tidak begitu menguntungkan. Selagi aturan yang di tetapkan bukanlah hal yang melanggar hukum atau norma-norma yang berlaku, sebisa mungkin berkomitmenlah dalam menjalankannya.

Ilustrasi

Beberapa komunitas juga meminta iuran dari anggotanya yang akan di gunakan untuk event-event yang atau kebutuhan bersama. Bila mampu, penuhilah, bila sedang kesulitan keuangan, segera konfirmasi bendahara untuk meminta keringanan..he..he..he..

Nah guys, itulah sekilas tentang komunitas kendaraan yang saat ini tengah marak di masyarakat. Pilihan ada di tangan anda, dan pilihlah dengan bijak.

Selamat berkomunitas.

Arief Fatahillah

a humble teacher, an enthusiat biker, an open road lover... and much more to learn writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *