Touring Aman dan Nyaman ( Bagian I )

Dikalangan para bikers, kegiatan touring seperti menjadi menu wajib saat liburan tiba.  Ya, touring menggunakan sepeda motor memang sangat mengasyikan.

 

Berikut adalah hal – hal penting yang  harus dipersiapkan sebelum memulai touring dengan Sepeda Motor.

 

Kondisi Fisik

Pastikan anda dalam keadaan sehat, tidak lagi dalam masa pemulihan terutama dalam pengaruh obat-obatan dan minuman keras. Menggunakan Sepeda Motor memiliki tingkat resiko yang jauh lebih tinggi di bandingkan menggunakan mobil atau moda transportasi darat lain.

Berolahragalah dengan rutin beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, istirahat yang cukup, dan cek kondisi kesehatan anda pada dokter atau pusat kesehatan bila di perlukan.

 

Kondisi Sepeda Motor

Pastikan Sepeda Motor anda dalam keadaan prima. Periksa kondisi oli, tekanan angin, gear, komstir dan semua ornamen kendaraan anda untuk menghindari kendala di perjalanan. Lakukan perawatan rutin dan penggantian suku cadang yang mulai aus di bengkel kepercayaan anda.

Jangan mengambil resiko berkendara dengan  Sepeda Motor yang tidak dalam kondisi baik, selain mengancam keselamatan anda, kondisi tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan pada kendaraan anda yang berujung pada pengeluaran biaya perbaikan yang jauh lebih besar.

Ingat, Anda melakukan touring dengan tujuan rekreasi dan menikmati waktu senggang. Bukan untuk kursus kilat mekanik jalanan.

 

Perlengkapan Berkendara

Touring berbeda dengan sekedar berkendara dalam kota atau perjalanan sehari hari anda. Dibutuhkan perlengkapan ekstra untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan perjalanan anda, seperti beberapa item dibawah ini :

Perlengkapan Touring
  1. Jas Hujan

Salah satu perlengkapan penting yang harus anda bawa saat Touring Sepeda Motor.  Bersyukurnya kita hanya ada dua musim di negara ini,  kemarau dan penghujan.

Walaupun disarankan, apabila dalam perjalanan turun  hujan yang cukup deras, hal pertama yang anda lakukan adalah berhenti untuk beristirahat sekitar 10 – 15 menit. Jika beruntung, maka hujan akan berhenti dan anda bisa melanjutkan perjalanan tanpa memakai jas hujan

      2.  Helm

Helm berstandar Nasional yang masih dalam keadaan layak pakai wajib anda kenakan, disarankan menggunakan helm model  full face ketika Touring.

 

3. Jaket

Gunakanlah jaket yang berbahan cukup tebal dan nyaman sebagai pelindung kulit anda dari sengatan matahari dan terpaan angin.

Penggunaan Helm dan Jaket

        4. Sepatu

Jangan mengambil resiko dengan menggunakan sandal atau sepatu sandal karena jari kaki anda sampai saat ini belum tersedia di toko terdekat.

 

       5. Decker / Knee Protector dan Sarung Tangan

Seandainya terjadi kecelakaan atau karena suatu alasan anda terjatuh dari Sepeda Motor, item ini bertujuan meminimalisir resiko patah tulang atau pendarahan sehingga dalam waktu yang singkat anda dapat melanjutkan perjalanan kembali.

 

Well Bro, semua yang  di sebutkan di atas adalah persyaratan minimal yang harus di penuhi  jika anda ingin melakukan Touring  aman dan nyaman.

 

Touring Sepeda Motor

 

Pada Bagian II akan di bahas  tentang persyaratan lanjutan yang menjadi pedoman para Penggiat Touring

Arief Fatahillah

a humble teacher, an enthusiat biker, an open road lover... and much more to learn writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *