Touring Aman dan Nyaman (Bagian II)

Sebelumnya, Anda membaca Touring Aman dan Nyaman (bagian 1) sekarang kita lanjutkan pada pembahasan yang lebih mendalam.

Sebagaimana aktivitas lainnya dalam hidup, touring pun perlu di manage dengan baik, dengan tujuan mendapatkan goal  yang diinginkan.  Yaitu perjalanan yang aman, menyenangkan dan menjadi sebuah kenangan yang patut di ingat.

Penulis akan berbagi kiat berdasarkan pengalaman tentang bagaimana me-manage touring.

Ilustrasi

Berikut beberapa tahapan jika Anda akan melakukan perjalanan yang aman dan nyaman:

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Meliputi lokasi tujuan touring Anda bisa melakukan riset murah meriah menggunakan fasilitas internet.  Riset ini meliputi, lokasi, penginapan, palur yang akan dilalui, SPBU, dan tempat makan.

2.  Hitunglah perkiraan jarak tempuh

Perkirakan jalan yang akan dilalui menuju lokasi touring. Jarak tempuh ini digunakan untuk kalkulasi biaya bensin dan biaya akomodasi lainnya

Ilustrasi

3. Diskusikankan dengan tim Anda 

Diskusikanlah dengan perserta yang akan mengikuti touring.  Gunakan hasil riset, agar didapatkan persepsi yang sama. Hindari peserta touring yang tidak memiliki waktu banyak atau senggang, karena seluruh peserta touring sebaiknya pergi dan pulang bersama.  Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misal: kecelakaan atau trouble kendaraan yang akan sulit diantisipasi sendirian.

4. Persiapkan perlatan cadangan

Bawalah part cadangan dan tools kit standart bawaan sepeda motor. Untuk persiapan jika motor mengalami trouble.  Jangan lupa membawa senter/lampu emergency, untuk berjaga-jaga saat  trouble dimalam hari.

Ilustrasi

5. Bawalah baju dan keperluan pribadi secukupnya

Persiapkan pakaian secukupnya agar bisa tertata rapi dikendaraan Anda. Jika menggunakan box, masukan seluruhnya kedalamnya.  Pastikan keseimbangan antara box kanan dan kiri, jika menggunakan sidebox.

6. Istirahatlah setiap  2-3 jam sekali

Kondisi konsetrasi setiap orang berbeda, namun pada teorinya manusia hanya sanggup menjaga kestabilan konsentrasi dalam tempo maksimal 3 jam.

Ilustrasi

7. Jaga kondisi tubuh Anda

Usahakan selalu minum air mineral dengan cukup agar tidak dehidrasi. Minumlah suplemen tambahan, seperti multi vitamin dan sejenisnya jika diperlukan. Makanlah secukupnya agar tidak mudah mengantuk dan mengalami masalah pencernaan.

8. Bagikan  informasi secara berkala

Informasi ke teman-teman komunitas/klub anda, agar mereka siap membantu jika ada permasalahan diperjalanan.

9. Dokumentasikan perjalanan anda

Jangan lupa membawa kamera agar moment liburan/touring Anda bisa abadikan, dan dijadikan kenangan bagi teman dan keluarga Anda.

Ilustrasi

10.  Jagalah sopan santun dan taatilah peraturan lalulintas

Ingat, jalanan bukan milik Anda dan teman-teman. Setiap orang memiliki hak yang sama. Selalu utamakan kendaraan dengan keperluan darurat, seperti ambulance, mobil pemadam kebakaran dan semisal.

11. Informasikan perjalanan Anda

Bila di perlukan, informasikan perjalanan anda kepada pihak kepolisian. Mintalah pengawalan apabila jumlah peserta touring di khawatirkan akan menimbulkan kemacetan. Ride Hard, Ride Safe.

Arief Fatahillah

a humble teacher, an enthusiat biker, an open road lover... and much more to learn writer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *